HILANGNYA KECINTAAN TERHADAP BUDAYA LOKAL.

Seiring dengan berkembangnya kemajuan jaman dan trendmark dari dunia luar sehingga cagar budaya yang ada di sekitar kita semakin tersingkirkan. Cagar budaya yang ada seakan terlupakan dengan sendirinya. Bahkan tak jarang cagar budaya yang ada saat ini tergantikan dengan bangunan – bangunan baru. Tanpa kita sadari kebudayaan asli dari negeri kita ini luntur seiring dengan berkembangnya dunia modernisasi.

Kebutuhan masyarakat yang ikut berkembang dengan kemajuan jaman menjadi penyebab berkurangnya nilai – nilai budaya yang ada sekarang ini. Seperti kasus di Magelang. Sebuah bangunan bioskop tua yang berdiri pada tahun 1950 dirubuhkan dan berubah fungsi menjadi bangunan lain. Tidak adanya kekuatan hukum yang memayungi dengan jelas cagar budaya tersebut sehingga pemerintah daerah tersebut tidak berdaya untuk menangani hal tersebut.

Lain lagi kasus di Semarang. Seperti yang kita kenal Semarang merupakan kota yang memiliki bangunan – bangunan tua yang mempesona. Setiap orang yang melihat akan terpesona dan terkagum – kagum melihat bangunan – bangunan tua tersebut. Namun dengan berjalannya waktu bangunan – bangunan tersebut tidak mendapat perhatian yang baik dalam pelestarian dan perawatannya. Pemerintah kota pun seakan – akan menutup mata dalam hal ini. Minimnya anggaran pemerintah yang diberikan pun menjadi alasan kurangnya bangunan – bangunan ini mendapat perhatian. Sehingga banyak bangunan – bangunan tua tersebut beralih fungsi menjadi kawasan kumuh.

Hal ini berpengaruh terhadap lingkungan sosial disekitar kita. Indonesia memiliki aneka ragam kebudayaan. Indonesia memiliki berbagai macam suku. Indonesia memiliki berbagai macam tarian tradisional, rumah adat, bahasa yang beranekaragam. Namun masyarakat Indonesia tidak memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga anugerah itu semua.

Sangat miris apabila kita membayangkan anak cucu kita nanti hanya bisa melihat dan membayangkan dalam benak mereka tentang kebudayaan negeri kita hanya melalui foto – foto dan cerita yang mereka dengar dari orang tua mereka.

Mari kita jaga kebudayaan asli INDONESIA demi anak cucu kita…

Tentang envirogirls

cintailah dunia ini maka engkau akan memiliki dunia ini.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s