tidak lulus?? salah siapa?

saat melihat berita di salah satu stasiun televisi, presentasi siswa yang lulus tahun ini di katakan lebih banyak….

tapi tidak kah kita melihat di beberapa daerah yang memiliki angka ketidaklulusan yang masih tinggi? apakah yang ada di benak kita? kalo saya sih bertanya, apakah sudah merata sistem pendidikan saat ini? apakah setiap daerah telah mendapat sistem pendidikan yang baik? cara mengajarnya? fasilitas sekolahnya? atau bahkan sumber2 buku yang di pakai?

mari kita liat  10 Daerah Dengan Nilai UN Terbaik.

\”Data Kemdiknas memaparkan, 10 daerah dengan persentase nilai akhir terbaik tahun ini adalah Bali (8.40), Sumatera Utara (8.17), Bengkulu (8.08), Jawa Barat (8.08), Jawa Timur (8.05), Sumatera Selatan (7.96), Sulawesi Utara (7.94), Lampung (7.91), Riau (7.90), Jawa Tengah (7.89), Sulawesi Selatan (7.84).

Sementara itu, 10 daerah dengan rata-rata nilai UN terbaik adalah Bali (8.31), Bengkulu (8.07), Sumatera Utara (8.05), Jawa Barat (8.03), Jawa Timur (7.86), Sumatera Selatan (7.80), Sulawesi Utara (7.66), Lampung (7.67), Riau (7.91), Jawa Tengah (7.70), Maluku (7.69). Sedangkan 10 daerah dengan rata-rata nilai sekolah terbaik adalah Bali (8.51), Bengkulu (8.35), DI Yogyakarta ( 8.35), Sulawesi Utara ( 8.340, Jawa Timur (8.32), Lampung (8.25),  Sumatera Selatan (8.25), Sumatera Selatan (8.19), Jawa Tengah (8.16), Sumut (8.16), Jawa Barat (8.13).\”

mari kita lihat…

rata2 daerah yang memiliki masuk dalam daftar itu sebagian besar dari Pulau Sumatra, Pulau Jawa dan Bali…

apa kabar sodara2 kita yang di papua? apa kabar sodara2 kita yang yang di NTT, NTB, Kalimantan, dan yang lain??? kenapa mayoritas daerah yang masuk dalam daftar tersebut berasal dari daerah yang mendapat (bisa dibilang) fasilitas yang cukup?

bahkan saya mendapat berita 640 siswa di Kalimantan Barat tidak lulus ujian nasional? salah sapakah?

tentu semua tidak mau di salahkan… tapi mari kita buka akal sehat kita. SEANDAINYA SETIAP SEKOLAH MENDAPATKAN FASILITAS SEKOLAH YANG SAMA. TENTU ANGKA KELULUSAN NEGARA INI AKAN LEBIH TINGGI..

bagaimana siswa yang mendapat fasilitas pendidikan yang minim mampu bersaing dengan siswa yang mendapat fasilitas yang mencukupi??? pemerintah emank telah membuka terobosan baru dengan mendigitalkan buku2 sekolah dari itngkat SD sampe SMA….

tapi apakah fasilitas penunjang udah ada? tidak semua anak memiliki laptop atau komputer serta layanan internet untuk mengakses itu bapak2 terhormat… bagi orang desa itu sama aja menyiksa mereka. makan aja susah masa iya harus buang2 uang untuk ke warnet. belum lagi biaya untu ngprint buku2 tersebut. tidak bisa disamakan pak. bapak bisa menyamaratakan jika FASILITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA TELAH MERATA JUGA.

saya bukan orang yang pintar berkata2 tapi saya miris melihat Indonesia tercinta ini…

Tentang envirogirls

cintailah dunia ini maka engkau akan memiliki dunia ini.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s